Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

UPT Bahasa dan TCI Universitas Udayana Gelar Kursus Bahasa Mandarin

PT Bahasa dan TCI Unud menggelar kursus bahasa Mandarin dengan menyasar peserta dari kalangan dosen, Selasa (21/11/2023). (foto/unud)

Denpasar, PorosBali.com- Pelatihan atau kursus bahasa Mandarin dilakukan secara luring bertempat di Gedung UPT Bahasa Kampus Sudirman dilaksanakan pada Selasa, 21 November 2023. Dengan mengundang pengajar profesional di bidang bahasa Mandarin langsung dari negeri Tiongkok. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara UPT Bahasa dengan TCI Universitas Udayana dalam memfasilitasi kemampuan dosen di lingkungan Universitas Udayana utamanya dalam kemampuan linguistik di Mandarin.

Prof. I Gede Rai Maya Temaja selaku Wakil Rektor Uiversitas Udayana menyampaikan, eksistensi Bahasa Mandarin sangat krusial terlebih lagi dengan posisi Bali sebagai pusatnya pariwisata di Indonesia dengan jumlah turis asal China yang sangat besar dan peluang kerja sama akademis dengan berbagai institusi pendidikan tinggi di China. Dengan mengikuti kegiatan ini tentunya peserta akan mendapatkan kesempatan lebih dalam menggali ilmu khususnya dalam belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin. Direktur TCI Universitas Udayana, Prof Tao dalam kesempatan ini juga memperkenalkan dua orang pengajar bahasa Mandarin yaitu Ms. Lu Hongyan dan Ms. Tu Na yang merupakan tenaga pengajar di Nanchang University. 

Di sisi lain, sejalan dengan tupoksi UPT Bahasa dalam menggalakkan program kegiatan pengembangan bahasa di lingkungan Universitas Udayana, Kepala UPT Bahasa Sang Ayu Isnu Maharani menyampaikan, bahasa Mandarin memiliki peranan penting sebagai hubungan bilateral antara Indonesia dengan China. Meskipun kegiatan ini dilaksanakan khusus bagi civitas akademika Universitas Udayana, kesempatan dibukanya untuk publik tetap ada ke depannya dengan persiapan yang lebih matang dan didukung oleh tenaga pengajar profesional. (pbm5)

Sumber: http://www.unud.ac.id


TAGS :

Komentar