Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wisuda XXIX ITB STIKOM Bali Tambah 435 Lulusan, 13 Orang Raih Dua Gelar Sekaligus

Prosesi Wisuda ITB STIKOM Bali periode XXIX Tahun 2022 yang dilaksanakan di The Westin Nusa Dua, Selasa (31/5/2022).

Badung, PorosBali.com- ITB STIKOM Bali kembali menambah jumlah lulusannya. Pada  Wisuda XXIX Tahun 2022 yang dilaksanakan di The Westin Nusa Dua, Selasa (31/5/2022). ITB STIKOM Bali menambah 435 orang lulusan.

Saat ini, tidak kurang dari 6.500 orang sedang kuliah di ITB STIKOM Bali dan hingga pada periode Wisuda XXIX tahun 2022 sudah menghasilkan alumni 8.474 orang. 

Pada wisuda kali ini, kampus yang dikenal mencetak talenta-talenta digital berkualitas ini melepas 435 orang lulusan. Terdiri dari 432 orang S1 dan 3 orang D3. Dari 432 sarjana tersebut, Prodi Sistem Informasi paling banyak memasok sarjana yakni 352 orang, disusul Prodi Sistem Komputer sebanyak 80 orang. Hebatnya, 13 orang diantaranya berhasil meraih dua gelar sekaligus, yakni Sarjana Komputer (S.Kom) dari ITB STIKOM Bali dan Bachelor of Information Technology (BIT) di HELP University Kuala Lumpur, Malaysia.

“Di kami ini hampir tiap hari baik itu email dari wa (WhatsApp, red) ada permohonan tenaga kerja walaupun di masa pandemi baik itu dari dalam maupun luar negeri jadi harapannya dengan mediasi yang kita lakukan kepada wisudawan maka harapannya begitu mereka diwisuda tidak lama-lama menganggur dan juga barangkali lebih bagus lagi mereka wisuda itu setelah kerja,” jelas ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan, kepada awak media sesaat sebelum acara wisuda dimulai.

Sejak berdiri pada 10 Agustus 2002 dengan nama STMIK STIKOM Bali dan kemudian naik status menjadi Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali pada 7 Mei 2019, kini ITB STIKOM Bali memiliki dua fakultas yakni Fakultas Informatika dan Komputer, dan Fakultas Bisnis dan Vokasi.

Fakultas Informatika dan Komputer memiliki tiga program studi, yakni Program Studi Sistem Komputer, Program Studi Sistem Informasi, dan Program Studi Teknologi Informasi. Semuanya Program S-1.

Sedangkan Fakultas Bisnis dan Vokasi memiliki dua program studi, yakni Progran Studi Bisnis Digital program S-1 untuk gelar Sarjaan Bisnis (S.Bis) dan Program Studi Manajemen Informatika Progrm Diploma-3.

“22 tahun yang lalu memang kita sudah memimpikan bahwa kehidupan pada saat ini dipisahkan oleh 3 pilar utama, teknologi, bisnis dan kebudayaan dalam arti ekonomi kreatif pada saat yang sekarang itu jadi kami telah membekali para wisudawan dengan ketiga pilar kehidupan itu dan mudah-mudahan mereka nanti setelah terjun ke lapangan bisa berhasil sukses,” tutur Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti, Prof. Made Bandem.

ITB STIKOM Bali memiliki program dua gelar atau dual degree, yakni National Dual Degree Program bekerja sama dengan BINUS University untuk gelar Sarjana Manajemen (SM) dan bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung untuk gelar Sarjana Desain (S.Ds). Sehingga lulusan ITB STIKOM Bali memperoleh gelar S.Kom dan SM atau S.Ds.

Sedangkan International Dual Degree Program bekerja sama dengasn HELP University Kuala Lumpur, Malaysia untuk gelar Sarjana Komputer (S.Kom) dari ITB STIKOM Bali dan Bachelor of Information Technology (BIT) dari HELP University Kuala Lumpur.

Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa memuji perkembangan ITB STIKOM Bali yang terus meroket. Menurutnya, ITB STIKOM Bali paling progresif dan mau berubah cepat meningkatkan kualitas pendidikannya.

Prof. Dasi Astawa berharap ITB STIKOM Bali akan terus mendukung anak didiknya untuk menjadi job creator, bukan hanya job seeker.

“Kepada wisudawan kata kuncinya satu, karena sudah lengkap semua oleh ITB STIKOM Bali membekali sudah lengkap, satu kata saja kalau mau sukses, jangan malas, segera hapus kata malas itu,” tegas akademisi yang selalu tampil enerjik ini. (Pbm5)


TAGS :

Komentar