Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Prodi Spesialis FK Unud Gelar Pelatihan Keterampilan Kegawatdaruratan

Pelatihan Keterampilan Klinik Emergensi bagi Peserta Didik Program Studi Spesalis Fakultas Kedokteran Universitas Udayana semester genap tahun ajaran 2022/2023.

Denpasar, PorosBali.com-  Unit Koordinasi Pelaksana Pendidikan Profesi (KP3) bersama Komite Koordinator Pendidikan (Komkordik) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/RSUP Prof. Ngoerah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Keterampilan Klinik Emergensi bagi Peserta Didik Program Studi Spesalis Fakultas Kedokteran Universitas Udayana semester genap tahun ajaran 2022/2023.

Adapun kegiatan yang berlangsung pada tanggal 16-18 Januari 2023 di ruang 4.01 dan 4.02 FK Udayana ini diselenggarakan secara luring untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan 159 peserta didik baru dalam hal kegawatdaruratan sehingga dapat mengenali dan melakukan tatalaksana kegawatdaruratan secara komprehensif.

Pertemuan pertama yang berlangsung tanggal 16 Januari 2023 ini dimulai dari registrasi pada pukul 07.30-08.00 WITA. Selanjutnya, ketua Unit KPPP FK Udayana sekaligus ketua panitia kegiatan ini, Dr. dr. Dyah Kanya Wati, Sp.A(K) memberikan pengarahan seputar kegiatan keterampilan klinik emergensi yang akan berlangsung selama 2 hari kedepan.

Acara dilanjutkan dengan pemberian pretest. Adapun materi yang diberikan pada hari pertama ini, meliputi Manajemen Jalan Nafas dan Ventilasi Support; Monitoring Respirasi & Hemodinamik; Manajemen Syok Hipovolemik; Syok Septik dan Emergensi Akses Vaskuler; Manajemen Syok Anafilaktik dan Steven Johnson Syndrome; Manajemen Syok Kardiogenik/Cardiac Arrest dan materi terakhir mengenai Penurunan Kesadaran dan Penentuan Brain Death.

Kegiatan pemberian materi dilanjutkan di hari kedua pada 17 Januari 2023. Adapun materi yang diberikan meliputi Emergensi pada Gangguan Metabolisme/Endokrin; Emergensi Pada Penyakit Anak; Emergensi Pada Kasus Geriatri; Acute Kidney Injury; Emergensi Pada Kasus Keganasan dan Prosedur Akhir; Transfusi Darah dan Komponen Pada Penderita Perdarahan Akut dan Kronis; Peranan Endoskopi Pada Pasien Perdarahan Akut Saluran Cerna, dan Penanganan Nyeri (Pain). Materi terakhir dibahas mengenai Transportasi dan Evakuasi pada Musibah Masal serta Optimalisasi atau Stabilisasi Penderita Prabedah.

Secara umum, pembekalan hari pertama dan kedua yang diberikan 18 dosen dan dikoordinir Dr.dr. I Putu Pramana Suarjaya, Sp.An., M.Kes., KMN.KNA., dan I Kadek Saputra, M.Erg., Ners., S.Kep., dilaksanakan dengan lancar dan para peserta antusias dalam mengikuti kegiatan.

Agar dapat mengaplikasikan materi yang telah diberikan, pada hari ketiga dilakukan latihan keterampilan yang dilakukan di Gedung Cakra Vidya Usada Lantai 2 dan Lantai 3 FK Udayana dan dikoordinir dr. Pontisomayasa Parami, Sp.An., MARS. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok kecil yang akan dirotasi agar lebih intensif dalam mengaplikasikan ilmu yang diberikan. Pelatihan yang dilakukan 11 dosen ini meliputi Manajemen Jalan Nafas, Manajemen Ventilasi Support dan Terapi Oksigen, Diagnostik Kardiovaskuler, Resusitasi Kardio Pulmocerebral, Akses Vaskuler, serta Stabilisasi dan Evakuasi.

Acara dilanjutkan dengan pemberian post test, pengisian feedback oleh peserta, dan penutupan. (pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2467-Pelatihan-Keterampilan-Klinik-Emergensi-Peserta-Didik-Program-Studi-Spesialis-FK-Unud.html

 


TAGS :

Komentar