Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mahasiswa Teknologi Pangan FTP Unud Sukses Memproduksi Carrotic

Mahasiswa Teknologi Pangan FTP Unud Sukses Memproduksi Carrotic

Badung, PorosBali.com-  Universitas Udayana bersama melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) memberikan wadah bagi mahasiswa Universitas Udayana dalam mengembangkan minat dan bakat kewirausahaan yang berlandaskan Ipteks serta memiliki tujuan untuk meningkatkan potensi dan minat mahasiswa berwirausaha. Salah satu kelompok yang berhasil lolos seleksi dan mendapat pendanaan dari Universitas Udayana adalah carrotic.

Carrotic merupakan ide usaha dari mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian yang terdiri atas Imel Tarianda Putri Dakhi sebagai ketua kelompok, bersama dengan anggota lainnya yaitu  Vony Christin Pato Duma, Kevin Listianto Halim, I Gusti Ayu Renita Putri Apsari, dan Shinta Safa Rannya Bachris di bawah bimbingan dari Anak Agung Istri Sri Wiadnyani, STP., M.Sc. selaku dosen Program Studi Teknologi Pangan.

Carrotic merupakan akronim dari Carrot Probiotic Ice Cream sesuai dengan namanya merupakan es krim yang menggunakan bahan baku dari wortel dan susu yang ditambahkan dengan bakteri probiotic menjadi dessert yang enak dan sehat. Ide usaha ini muncul didasari dari keresahan yang menyadari bahwa beberapa daerah di Bali merupakan daerah dengan hasil panen wortel lokal yang cukup tinggi namun saat panen cenderung murah akibat ketimpangan antara supply wortel dan permintaan masyarakat Bali akan wortel.

Melalui carrotic, kelompok ini berusaha melakukan diversifikasi akan pangan lokal wortel menjadi produk baru yang potensial dari segi ekonomi, kandungan gizi, dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Wortel yang kaya akan vitamin A dan serat dengan tambahan susu sapi yang kaya akan protein dan kalsium, serta bakteri probiotik yang memiliki manfaat baik bagi saluran pencernaan menjadikan produk yang sehat dan juga enak dinikmati. Selain itu pemanfaatan wortel menjadi es krim menjadi ide baru guna meningkatkan daya jual wortel menjadi produk pangan fungsional bernilai tinggi dan disukai masyarakat dari berbagai kalangan.

Imel Tarianda Putri Dakhi sebagai ketua kelompok melaporkan, kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Udayana memberikan kesempatan kepada kelompoknya untuk mengikuti pameran produk. “Dalam proses pameran, kehormatan besar bagi kami karena beberapa konsumen kami adalah pejabat dari Kementerian Hukum dan HAM untuk mencoba mencicipi dan membeli produk sehingga kami pun dapat memberikan informasi yang baik terkait peluang bisnis yang kami berikan,” katanya.

Selain itu, adanya entrepreneurship event yang diselenggarakan di Ruang Terbuka Hijau Universitas Udayana Kampus Sudirman Denpasar dan Kegiatan Investment Summit sebagai wadah bagi peserta kegiatan PMW untuk merealisasikan ide bisnisnya dari bentuk prototype menjadi produk akhir yang siap jual juga sangat membantu menyempurnakan produk yang dihasilkan dan dapat menjadi ajang untuk promosi produk, pemasaran produk dan mengembangkan market produk sehingga produk dapat lebih dikenal oleh kalangan masyarakat, ujarnya. (pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2582-Sukses-Manfaatkan-Bahan-Pangan-Lokal-Mahasiswa-Teknologi-Pangan-Produksi-Carrotic-Produk-Dessert-Kombinasi-Wortel-Es-Krim-dan-Bakteri-Probiotik.html

 


TAGS :

Komentar