Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Rektor Unud Kukuhkan 3 Guru Besar Tetap Baru FMIPA

Rektor Prof. I Nyoman Gde Antara mengukuhkan tiga guru besar tetap di FMIPA Unud.

Badung, PorosBali.com-  FMIPA Unud merasa berbangga karena Universitas Udayana (Unud) kembali mengukuhkan delapan orang guru besar tetap yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Widya Sabha Unud Kampus Jimbaran, Sabtu (10/6/2023). Kedelapan guru besar yang dikukuhkan dalam acara tersebut adalah Prof. Dr. Nyoman Gunantara, ST, MT (Guru Besar dalam bidang Ilmu Teknik Telekomunikasi di Fakultas Teknik), Prof. Dr. Desak Putu Dewi Kasih, SH, M.Hum. (Guru Besar dalam bidang Ilmu Hukum di Fakultas Hukum), Alm. Prof. Dr. Dra. Meitini Wahyuni Proborini, M.Sc., St. (Guru Besar dalam bidang Ilmu Mikologi/Biologi di Fakultas MIPA), Prof. Dr. Eng. Ir. Made Sucipta, ST, MT, IPM. (Guru Besar dalam bidang Ilmu Termo-fluida Sistem Energi dan Materia di Fakultas Teknik), Prof. Dr. Ir. I Dewa Putu Oka Suardi, M.Si. (Guru Besar dalam bidang Ilmu Penyuluhan Pertanian di Fakultas Pertanian), Prof. Dr. Dra. Ni Wayan Sukarini, M.Hum. (Guru Besar dalam bidang Ilmu Linguistik/Semiotik di Fakultas Ilmu Budaya), Prof. Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc.,Ph.D. (Guru Besar dalam bidang Ilmu Ekologi di Fakultas MIPA), dan Prof. Ir. Made Pharmawati, M.Sc, Ph.D. (Guru Besar dalam bidang Ilmu Genetika di Fakultas MIPA). Dari delapan Guru Besar baru, terdapat 3 guru besar FMIPA.

Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara dalam sambutannya manyampaikan rasa bangganya karena Unud kembali melahirkan 8 orang guru besar tetap. Hal ini berarti Unud memiliki tambahan SDM yang memiliki kapasitas akademik yang tidak diragukan. Saat ini Unud memiliki total 199 orang guru besar atau 15 persen guru besar dari total dosen aktif yang sekaligus menunjukkan bahwa Unud telah melampaui target dari kementerian terkait jumlah minimal guru besar pada sebuah universitas yakni 10%.

Sekretaris Forum Guru Besar Unud Prof. Dr. drh. Nyoman Sadra Dharmawan, MS mewakili Ketua Forum dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para guru besar yang sudah dikukuhkan. Jabatan guru besar atau profesor adalah jabatan akademik tertinggi yang ada di perguruan tinggi yang diberikan kepada mereka yang masih aktif. Diharapkan semuanya tetap berkarya dan profesional serta menjadi teladan bagi junior kita.

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Ketahanan dan kemampuan adaptasi manusia terhadap perubahan iklim (Human resilience and adaptability to climate change)”, Prof. Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc., Ph.D. menyampaikan, perubahan iklim saat ini sebagian besar akibat aktivitas manusia sehingga terjadinya peningkatan suhu yang diprediksi akan menignkat sekitar 1,5ºC pada tahun 2050 dan 2-4 ºC  pada tahun 2100.

Hal ini tentunya perlu mendapat perhatian karena perubahan iklim ini dapat mengganggu keseimbangan alam, seperti biodiversity loss, loss of animal species, change of ecosystem services, ocean acidification, plant life, extreme weather. Untuk mengantisipasi perubahan iklim ini, Watiniasih menyampaikan beberapa langkah yang dapat dilakukan di antaranya penanaman hutan gambut dan tanaman nanas, biomasa lamun sebagai tempat menyimpan karbon-mitigasi iklim, restorasi coral, small acts big impact (reuse reduce, recycle, matikan lampu dan AC saat tidak digunakan, buang pada tempatnya, serta kelompokkan sampah sesuai kategori)

Sementara itu Prof. Ir. Made Pharmawati, M.Sc.,Ph.D. dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Penanda Molekulur Dalam Karakterisasi dan Konservasi Sumber Daya Genetik” menyampaikan sumber daya genetik (SDG) adalah bahan genetik yang mempunyai nilai potensial. SDG memiliki peran penting dalam kegiatan pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, kesehatan. SDG ini merupakan kunci sumber pangan yang beragam, sumber obat-obatan serta kemampuan adaptasi tumbuhan dan hewan terhadap perubahan iklim. Pengelolaan SDG (eksplorasi, inventarisasi, pendataan dan konservasi) yang baik akan mampu meningkatkan nilai guna materi SDG dan tentunya mampu meningkatkan kesejateraan masyarakat. (pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3103-FMIPA-berbangga-Rektor-UNUD-Kukuhkan-3-Guru-Besar-Tetap-Baru-FMIPA.html


TAGS :

Komentar