Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mahasiswa FH Unud Peduli Lingkungan dan Sekolah Mentari

Mahasiswa FH Unud Peduli Lingkungan dan Sekolah Mentari.

Gianyar, PorosBali.com-  Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Udayana (BEM FH Unud) melangsungkan kegiatan Mahasiswa Peduli Lingkungan (MPL) dan Sekolah Mentari yang dilaksanakan di Desa Bona, Blahbatuh, Gianyar, Bali, Minggu (25/6/2023). Handika selaku Penanggung Jawab Mahasiswa Peduli Lingkungan dalam sambutannya mengungkapkan, MPL merupakan program kerja yang merupakan kegiatan yang membantu masyarakat untuk melestarikan lingkungan. “Kami sebagai mahasiswa mengajak adik-adik semua untuk ikut turut andil dalam aksi nyata plogging atau memungut sampah sambil jogging. Untuk Sekolah Mentari setelah ini akan ada penyuluhan mengenai pengelolaan sampah, agar adik-adik sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan dan nantinya di Sekolah Mentari juga terdapat games yang seru,” ujarnya.

Di tahun ini, kegiatan MPL dan Sekolah Mentari yang merupakan rangkaian dari kegiatan Sosialisasi Hukum dan Desa Binaan diadakan secara bersamaan. Kegiatan ini akan diawali dengan acara pembukaan berupa sambutan-sambutan dari undangan. Kegiatan ini dibuka oleh perwakilan Perbekel Desa Bona dan turut dihadiri pula oleh perwakilan Kepala Dasar Negeri (SDN) Hindu 1 Bona, Kepala SDN 3 Bona, perwakilan Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak Hindu Negeri Tunas Wangi, Wali Kelas 4 SDN Hindu 1 Bona, Wali Kelas 5 SDN Hindu 1 Bona, Perwakilan Wali Kelas 4 SDN 3 Bona, dan Wali Kelas 5 SDN 3 Bona.

Kegiatan ini mengusung konsep 3M (Mengabdi, Mengajar dan Menghibur). Konsep 3M disampaikan melalui materi penyuluhan mengenai pemilahan jenis-jenis sampah kepada siswa-siswi SD. Kemudian dipraktikkan dalam plogging dan dilanjutkan dengan games yang menghibur siswa SD. Peserta dari mahasiswa peduli lingkungan dan Sekolah Mentari yaitu siswa-siswi kelas 4-5 dari SDN Hindu 1 dan SDN 3 Bona. Kegiatan ini dilaksanakan di TK Hindu Negeri Tunas Wangi Bona dengan harapan dapat memberi pengajaran yang bermanfaat dan juga menghibur para siswa di tengah rutinitas sekolah yang padat. Fungsionaris Lembaga Mahasiswa FH Unud pun ikut andil menjadi relawan yang mengisi acara tersebut, diikuti dengan panitia sosialisasi hukum dan Desa Binaan 2023 yang menjadi fasilitatornya.

Baca juga: Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara Hadiri Upacara Hari Bhayangkara Ke-77

“Kami berharap program ini bisa berlanjut dari tahun ke tahun dan bisa memberikan suatu manfaat, terutama menanamkan rasa peduli lingkungan yaitu pengelolaan sampah. Walaupun di sekolah sudah diberikan pengetahuan mengenai sampah tetapi mungkin dari mahasiswa bisa memberikan lebih kepada adik-adik untuk melengkapi,” ujar I Wayan Balik Astawa, S.Pd selaku Kepala SDN 3 Bona. (pbm2)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3215-Mahasiswa-FH-UNUD-Peduli-Lingkungan-dan-Sekolah-Mentari-Implementasi-Pembentukan-Karakter-Peduli-Lingkungan.html

 


TAGS :

Komentar