Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Aplikasi Cominpro Bali Siap Hadir untuk Fasilitasi Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal

Aplikasi Cominpro Bali Siap Hadir untuk Fasilitasi Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal, Selasa (27/6/2023)

Denpasar, PorosBali.com-  Pada Selasa (27/6/2023) FH Unud bersama Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali mengadakan kegiatan Peningkatan Perlindungan, Pengelolaan dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual (KI) Komunal di Provinsi Bali melalui Pembangunan Aplikasi Communal Intellectual Property Bali (Cominpro Bali) yang diselenggarakan di Aula FH Unud dengan dihadiri oleh Guru Besar FH Unud di bidang KI, Prof. Dr. NK Supasti Dharmawan, SH, M.Hum., LLM, para dosen pengajar KI, dan mahasiswa FH Unud. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh data KI yang tersaji pada bagian searching satu per satu jika tidak mengetahui nama dan jenis KI terdaftar maka masyarakat tidak mengetahui jumlah Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) di suatu kabupaten/kota serta belum tersedianya fitur inventarisasi potensi dan pencatatan KIK secara digital di Bali.

Menurut narasumber Ida Bagus Made Danu Krisnawan, SH, MH, Aplikasi Cominpro dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali hadir untuk memfasilitasi hal tersebut. Tujuan dari hadirnya aplikasi ini untuk Memberikan informasi kepada stakeholder  terkait KIK yang tercatat di aplikasi Cominpro Bali. Kedua, untuk menunjang pelaksanaan intellectual property tourism (pariwisata berbasis kekayaan intelektual ) sehingga memberikan nilai atas hak ekonomi. Ketiga, untuk menghindari terjadinya pencacatan ganda terhadap produk kekayaan intelektual di Provinsi Bali.

Dengan adanya aplikasi Cominpro Bali bisa memberikan kemudahan dalam layanan khususnya pencatatan KIK, memberikan informasi, pengetahuan, wawasan, serta sebagai acuan pola kerja yang baru, serta memberikan motivasi pemerintah daerah dan masyarakat di seluruh Kabupaten/ Kota untuk melakukan perlindungan, pengelolaan, pemanfaatan serta komersialisasi KIK. (pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3216-Aplikasi-Cominpro-Bali-Siap-Hadir-untuk-Memfasilitasi-Pencatatan-Kekayaan-Intelektual-Komunal.html

 


TAGS :

Komentar