Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kantor Satpol PP Denpasar Diserang Kelompok Orang Tidak Dikenal, Begini Penjelasan Kabid Humas Polda

Kk

Denpasar, PorosBali.com- Pada hari Minggu tanggal 26 Nopember 2023 sekitar pukul 04.30 wita bertempat di Kantor Satpol PP Kota Denpasar, Jln. Kecubung I No. 4 Denpasar Timur, telah terjadi aksi pengerusakan dan penganiayaan terhadap petugas Satpol PP oleh sekelompok orang tidak dikenal yang mengakibatkan adanya korban luka-luka.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H. Membenarkan bahwa telah terjadi pengerusakan dan penganiayaan di Kantor Satpol PP Kota Denpasar, Identitas Saksi/korban pada saat aksi pengerusakan dan penganiayaan: IKGA, laki-laki, 52 tahun, Hindu, anggota Satpol PP Kota Denpasar, alamat Desa Abiansemal, Kec. Abiansemal, Badung, mengalami luka robek di kepala bagian belakang, bibir pecah, kelopak mata lebam masih di rawat Opname di RS. Wangaya,  IGATY , laki-laki, 33 tahun, Hindu, anggota Satpol. PP Kota Denpasar, alamat Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi, Badung, mengalami luka robek di dahi dengan 4 jaritan. IWW, mengalami luka robek di bibir, IMW laki-laki, 36 tahun, Hindu Anggota Satpol PP, alamat Jln. Kemuda No. 25 Denpasar, mengalami luka memar di kedua lengan, AAMW, laki-laki,  24 tahun, Hindu, Anggota Satpol Pol. PP, alamat Jln. Gunung Guntur Gg. XIV No. 4 Padangsambian Denpasar, mengalami luka memar dan lecet di bibir, INB, laki-laki, 53 tahun, Hindu, anggota Satpol PP. alamat Jln. Kebo Iwo Utara No. 4 Denpasar, mengalami luka dan memar di rahang Kanan.

Kronologis kejadian berdasarkan keterangan saksi-saksi sbb : Pada hari Sabtu tanggal 25 Nopember 2023 sekitar pukul 23.00 wita anggota Satpol PP Kota Denpasar dibawah pimpinan Komandan Regu 1  I Wayan Wiratma beserta 16 anggota, melaksanakan penertiban pada beberapa lokalisasi yang ada di Jln. Danau Tempe, Sanur Kauh. Pada saat itu petugas berhasil mengamankan sebanyak 33 (Tiga Puluh Tiga) orang perempuan yang diduga sebagai PSK dan selanjutnya dibawa ke kantor  Satpol PP di Jln. Kecubung I No. 4 Denpasar untuk didata dan pembinaan. Sekitar pukul 12.30 wita mereka sampai di kantor dan para perempuan yang sebelumnya diamankan tersebut dilakukan pendataan  dan berakhir sekitar pukul 02.00 wita dan setelah pendataan, para perempuan tersebut selanjutnya stand bay dan berkumpul di loby kantor, selanjutnya  Selesai giat pintu gerbang ditutup dan di kunci.

Sekitar pukul 04.00 wita datang seorang laki-laki tidak dikenal berteriak-teriak di depan pintu gerbang kantor meminta untuk dibukakan pintu, kemudian  orang tersebut didatangi oleh beberapa petugas Satpol PP ke depan pintu gerbang untuk mengecek dan  menanyakan maksud kedatangannya, namun orang tersebut terus berteriak dan  marah-marah dan berkata "Mati Kau" dan beberapa saat kemudian orang tersebut  mengeluarkan sepucuk pistol dan mengacungkannya. Karena merasa takut, anggota Satpol PP yang mendatangi ke pintu gerbang kemudian mundur ke dalam kantor dan secara bersamaan seperti dikomando lalu datang sekelompok orang sekitar 25 orang (diduga sebelumnya sudah menunggu di sebelah Timur pintu gerbang) mendobrak pintu gerbang dan menyerbu ke dalam kantor sambil berteriak-teriak, kemudian mereka langsung melakukan penyerangan secara membabi buta terhadap anggota Satpol PP menggunakan tangan kosong dan beberapa potongan kayu. Mereka langsung menyerang dengan cara membabi buta  ke setiap anggota Satpol PP dengan cara memukul, menendang, menginjak dan menganiaya anggota Satpol PP dan hal ini membuat anggota Satpol PP ketakutan dan berusaha mengamankan diri masing-masing. Selain menganiaya anggota Satpol PP beberapa lainnya juga ada yang merusak mobil dinas, melempar berbagai benda keras serta merobohkan sepeda motor milik anggota Satpol PP dan aksi mereka berlangsung sekitar 30 menit. Setelah melakukan penganiayaan dan pengerusakan, kelompok orang tidak dikenal tersebut kemudian pergi meninggalkan kantor Satpol PP dan seiring dengan itu juga para perempuan PSK yang sebelumnya berhasil diamankan juga sudah tidak ada dan pergi dari kantor Satpol PP “ Ungkap Kabid Humas Polda Bali

Akibat kejadian tersebut 3 orang anggota Satpol PP mengalami luka cukup parah dan dirawat di RS Wangaya Denpasar : IKGA, laki-laki, 52 tahun, Hindu, anggota Satpol PP Kota Denpasar, alamat Desa Abiansemal, Kec. Abiansemal, Badung, mengalami luka robek di pelipis kiri dan pingsan (Opname), IGATS, laki-laki, 33 tahun, Hindu, anggota Satpol. PP Kota Denpasar, alamat Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi, Badung, mengalami luka robek di dahi. IWW, mengalami luka robek di bibir. Dan akibat kejadian tersebut 2 orang luka ringan : IMB, luka lecet lengan kanan. AAMW, luka lebam dan lecet di pipi Kiri.

Selain tersebut  diatas akibat kejadian 2 unit mobil operasional Satpol PP Kota Denpasar dirusak, Kijang Patroli DK 8294 B, kaca depan pecah dan pintu di bagian samping kiri penyok,Kijang Patroli DK 8422 A, kaca depan pecah dan bodi depan sebelah kiri penyok, Sepeda motor dinas Honda Supra X DK 3052 A, spakbord bagian depan pecah " Terang Kombes Pol. Jansen Panjaitan

Saat ini Polsek Denpasar Timur dan Satuan Reserse Kriminal Polresta Denpasar dan Sat Brimob Polda Bali sedang melakukan  pengejaran terhadap pelaku sekelompok orang tidak dikenal tersebut. di himbau “ kepada para pelaku agar segera menyerahkan diri dan kooperatif dalam peristiwa tersebut sehingga proses penyelidikan dan penyidikan  dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan tertib sesuai dengan hukum yang berlaku” ucap Kabid Humas, Minggu (26/11/2023). (Pbm4)


TAGS :

Komentar